Strategi Indonesia Dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional Pasca Covid

Written by Mono on February 17, 2021 in LIP with no comments.

Dengan demikian, peranan kebijakan fiskal dalam bidang perekonomian menjadi semakin penting. Pada intinya, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengakui realitas kelangkaan lalu memikirkan cara mengorganisasikan masyarakat dalam suatu acara yang menghasilkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang paling efisien. Pertama, pengkajian berdasarkan keputusan rumah tangga particular Tembak Ikan Terpercaya person dan perusahaan. Dapat dikaji interaksi rumah tangga individual dan perusahaan di pasar untuk barang dan jasa tertentu.

Banyak yang sedang mengalami krisis pada saat pamdemi

Selain itu ketenangan dan kepastian di kalangan petani akan membantu ketahanan fisik dan psychological petani menghadapi krisis pandemi Covid-19. Untuk ini, jika diperlukan untuk mengoptimalkan kelembagaan dan meningkatkan sense-of-sectoral crisis, perlu dibuat pokja khusus penanganan sektor pertanian. Ketiga, fleksibiltas atau relaksasi aktivitas sektor pertanian di masa pandemi Covid-19 tidak akan banyak bermanfaat jika disrupsi permintaannya tidak diatasi. Dengan terbatasnya demand karena mobilitas berkurang dan masyarakat sedang menderita ekonominya, harga akan tertekan. Pada beberapa kasus, terjadi anomali ketika harga mengalami penurunan di tingkat petani tetapi mengalami kenaikan di tingkat konsumen.

Dengan demikian, masyarakat dapat menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Hal ini dapat dilihat dari upah, dana pensiun, tunjangan, atau pendapatan dari investasi. Agar lebih yakin terhadap penghasilan yang didapatkan, masyarakat dapat melihat slip gaji atau rekening tabungannya. Untuk itu, penyampaian informasi bagi publik diharapkan juga menggunakan media yang dapat diakses oleh berbagai golongan masyarakat.

McNamee menambahkan, pengertian “normal” dari new normal berkaitan dengan skala waktu, dimana manusia akan berupaya mengembangkan perilaku yang sesuai untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik dalam jangka panjang. Istilah New Normal mungkin saja sudah dari dulu digunakan untuk menjelaskan fenomena perubahan di dunia. LaBarre tahun 2003 mengulas pendapat Roger McNamee, bahwa New Normal selalu akan terjadi di sepanjang kehidupan manusia. Oleh karenanya manusia harus secara sabar belajar dan terus beradaptasi untuk mengembangkan respon yang tepat dalam menghadapi tuntutan perubahan yang terjadi. Keuntungan Kartu Prakerja, yakni memberikan kursus atau pelatihan bagi para pesertanya, dimana program ini biaya pelatihannya ditanggung oleh pemerintah, dengan pelatihan dari Kartu Pra-Kerja, peserta diharapkan dapat meningkatkan keterampilannya. Sedangkan bagi pekerja sektor casual, selain pelatihan akan ada juga program dari perbankan untuk memberikan Kredit Usaha Rakyat bagi para peserta usai mendapatkan pelatihan.

Terdiri dari 2,36 juta angkatan kerja baru yang tak terserap pasar tenaga kerja dan 310 ribu dari penurunan lapangan kerja. “Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” terangnya.

Tingkat konsumsi melemah yang mempengaruhi beberapa indikator penopang ekonomi. Hal ini akan menimbulkan kelangkaan barang yang akhirnya akan memicu keresahan sosial. Seruan untuk pemberlakuan social distancing mempunyai dampak yang tidak sekadar menjauhkan hubungan fisik manusia namun juga mengganggu perilaku ekonomi masyarakat.

Konsumsi yang tetap dilakukan oleh masyarakat adalah pada basic need, seperti pada produk bahan makanan, sedangkan permintaan pada produk sekunder dan tersier mengalami kelesuan. “Ini yang sedang diupayakan oleh seluruh negara, yaitu agar jangan sampai kondisi ini menyebabkan krisis ekonomi, sosial, dan keuangan. Kami sedang mencoba untuk menanggulangi krisis kesehatan ini agar tidak menimbulkan spill-over,” tutur Sri Mulyani, Selasa (24/3). Tidak hanya masyarakat yang perlu beradaptasi dengan kebiasaan new regular yang baru, bisnis pun harus melakukan adaptasi terhadap kondisi dan perubahan perilaku masyarakat. Rasa cemas dan panik tentu mendarat di hati para pelaku bisnis ketika krisis ekonomi menyebar di hampir seluruh negara di dunia akibat COVID-19.

Comments are closed.