Berita Terkini, Berita Hari Ini Indonesia Dan Dunia

Written by Mono on February 15, 2021 in LIP with no comments.

Sebagai informasi, dalam 1.000 hari pertama kehidupan bayi merupakan usia emas bagi tumbuh kembang anak. Sayangnya anak-anak yang seharusnya menjadi harapan masa depan bangsa Indonesia masih banyak yang mengalami masalah gizi (29,9%) di usia dini. Untuk, itu pemerintah menganggarkan dana dalam APBN 2019 sebesar Rp 123,1 triliun guna meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan serta penguatan penanganan stunting. Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai sumber daya manusia di masa depan yang merupakan modal bangsa bagi pembangunan yang berkesinambungan . Berangkat dari pemikiran tersebut, kepentingan yang utama untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus memperoleh prioritas yang sangat tinggi. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam merealisasikan harapan dan aspirasinya.

Proses perkembangan anak akan terjadi dengan pesat pada usia 0-5 tahun, atau yang biasa dikenal dengan istilah periode emas anak . Dalam periode emas anak, penting bagi para orangtua untuk menstimulasi perkembangan anak supaya dapat berkembang secara optimum. Jika dari kemampuan anak tersebut ada yang tidak berkembang, sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter anak. Menurut dr. Devia Irine Putri, anak dapat dikatakan mengalami gangguan tumbuh kembang kalau kemampuan dan perkembangannya tidak sesuai dengan usianya. Jika hormon yang dihasilkan tidak seimbang, perkembangan fisik atau mental anak bisa tumbuh tidak normal.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan lingkungan sosial, ekonomi, nutrisi, dan stimulasi psikologis. Temukan juga aneka makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembang anak 1 tahun di sini. Selain dari makanan utama, si Kecil juga bisa mendapatkan kelengkapan nutrisi penting melalui camilan sehat untuk anak 1 tahun.

Di masa ini, anak-anak mulai sadar akan perilaku mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Mereka semangat untuk belajar hal baru dan mulai berkomunikasi melalui kata dan ekspresi wajah. Bagaimana Si Kecil belajar mengenal suara, kata, dan kalimat, menggunakan bahasa isyarat dan tubuh untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ini juga meliputi bagaimana mereka belajar memahami komunikasi dari orang lain.

Kebersihan tempat tinggal, ternyata mempengaruhi kualitas kesehatan si bayi. Bila tinggal di lingkungan yang kurang bersih, maka bibit penyakit akan cepa berkembang. Penyakit-penyakit ini, tentu akan menjadi hambatan bagi anak untuk tumbuh kembangnya. Slot Game Online Beberapa prinsip pokok pengasuhan dalam proses perkembangan anak yang perlu orangtua lakukan, yaitu membangun komunikasi yang baik dengan anak. Berilah kesempatan pada anak untuk mengekspresikan harapannya agar merasa dihargai dan diterima.

Comments are closed.