Ingat Efeknya .. Biarkan Anak Tumbuh Sesuai Usianya! Halaman All

Written by Mono on February 14, 2021 in LIP with no comments.

Misalnya, ketika si kecil menjatuhkan mainan, maka akan terdengar suara nyaring. Dalam tahap perkembangan anak 3 tahun, si kecil juga akan mulai mengerti konsep waktu sederhana. Misalnya, ketika Moms dan Dads mengatakan akan pergi ke kantor besok, maka si kecil pun mulai mengetahui maksudnya. Dalam perkembangan bahasa, si kecil akan semakin banyak menguasai kosakata baru. Ia juga mulai mengerti kapan saatnya menggunakan kata ganti orang seperti “kamu” dan “aku”.

Bagaimana individu mengambil manfaat dari kesempatan yang diberikan oleh lingkungan tergantung kepada individu yang bersangkutan. Pendidikan dijalankan dengan penuh kesadaran dan sistematis untuk mengembangkan potensi-potensi ataupun bakat-bakat yang ada pada individu sesuai dengan cita-cita atau tujuan pendidikan. Dengan demikian pendidikan itu bersifat aktif, penuh tanggung jawab dan ingin mengarahkan perkembangan individu ke suatu tujuan tertentu. Kenyataan menunjukkan bahwa setiap individu yang dilahirkan ke dunia akan membawa pembawaan tertentu, terutama sifat-sifat yang berhubungan dengan faktor kejasmanian.

Jika bayi prematur itu berusia 12 bulan, maka tumbuh kembangnya disesuaikan dengan usia 12 bulan dikurangi 8 minggu. Identitas ang dipaksakan dan remaja yang kurang mengeksplorasi peran yang berbeda maka akan terjadi kekacauan identitas yang berdampak pada pengembangan perilaku menyimpang, tindak kriminal, atau menutup diri dari masyarakat. Perkembangan identitas pada masa remaja menjadi penting karena memberikan suatu Casino Online landasan bagi perkembangan psikososial dan relasi interpersonal pada masa dewasa (Jones & Hartmann dalam Desmita, 2013). Sedangkan perkembangan psikososial remaja menurut Erikson bahwa seorang remaja berada pada tahap perkembangan identitas versus kekacauan identitas. Tahap perkembangan ini individu dihadapkan pada kemampuan mempersiapkan diri untuk masa depan, mampu menjawab pertanyaan siapa mereka dan apa tujuan hidupnya.

Banyak terjadi permasalahan dalam tumbuh kembang anak

Menurut teori Maslow, manusia Indonesia harus didorong sampai pengembangan motivasi untuk mampu mengaktualisasi diri dan tidak terhenti pada motivasi pemenuhan kebutuhan hidup yang mendasar saja. Sangat diperlukan kemampuan dan kemauan untuk mengikuti perubahan dan senantiasa menyesuaikan diri. Arah pembangunan Indonesia dalam tiga dasa warsa terakhir ini, yang dikenal sebagai period Orde Baru, pada hakekatnya adalah pembangunan yang sangat menekankan pengembangan bidang ekonomi. Dalam konteks ini segala sesuatu diarahkan agar pertumbuhan ekonomi dapat terus berlangsung tanpa mengalami gangguan.

Semakin tinggi status seseorang dan semakin besar kekuasaan/pengaruhnya, maka semakin menentukan pula pilihannya bagi masa depan bangsa. Peristiwa huru hara di Jakarta dan kota-kota lainnya pada tanggal 13 dan 14 Mei 1998 dan hari-hari berikutnya semakin membawa negeri ini dalam keadaan terpuruk dengan krisis kepercayaan yang sangat berat. Situasi yang tak kunjung stabil, sementara masyarakat menantikan kepastian dalam penegakan hukum, akhirnya menumbuhkan sikap apatis dan putus asa dengan segala konsekuensinya. Kondisi ini mengantar pemerintah pada beban yang amat berat, terutama dalam hal pemulihan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Mereka yang tidak mampu sehingga tidak mungkin memenuhi kebutuhan aktualisasi diri akan memunculkan pesimisme dan kekhawatiran, yang bisa melahirkan ketidakpuasan dan protes terhadap kejadian di lingkungannya. Disonansi, kesenjangan generasi, kesenjangan kelas sosial-ekonomi, adalah efek samping lainnya karena usaha yang dilakukan tidak lagi sekadar ingin memiliki tetapi juga memuaskan, sementara kepuasan sifatnya relatif dan cenderung tidak berujung. Keserakahan menampilkan wajah egosentris yang kemudian melepaskan diri dari kasih sayang . Kemudahan komunikasi membuat individu melupakan peran-peran lain dalam kehidupan, terutama yang menyangkut kehidupan interdependensi. Situasi ini bisa menjadi pemicu bagi pemunculan pribadi yang kehilangan kontrol diri. La Piere mengartikan pembangunan sebagai suatu usaha yang secara sistematis direncanakan dan dilakukan untuk merubah kondisi masyarakat yang ada ke arah kondisi dan taraf kehidupan yang lebih santun.

Dalam perspektif hukum, sesuai dengan Undang – Undang No. eleven Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Anak yang Berkonflik dengan Hukum yang selanjutnya disebut Anak adalah anak yang telah berusia 12 tahun, tetapi belum berumur 18 tahun. Pada rentang umur ini dalam perspektif psikologis, yaitu anak yang berumur 10 sampai dengan 22 tahun berada dalam tahap perkembangan remaja. Santrock membagi tugas perkembangan remaja menjadi remaja awal (10-13 tahun) dan remaja akhir (18-22 tahun), serta masa pubertas . [newline]Sedangkan untuk kepentingan telaah ini, maka istilah yang digunakan adalah Anak/Remaja, atau akan digunakan kedua istilah itu secara bergantian. Sebagai contoh, menentukan kapan waktunya untuk makan, sikat gigi, belajar, bermain, dan bahkan tidur. Mereka juga bisa mengalami sulit menelan dan menggenggam benda-benda seperti sendok atau krayon. Dalam beberapa kasus mereka bisa memiliki penyakit mulut, kondisi kesehatan psychological, dan sulit mendengar atau melihat.

Comments are closed.