Hukum Investasikan Keuntungan Bitcoin Ke Investasi Syariah

Written by Mono on June 26, 2020 in Kelemahan dan Kelebihan Crypto with no comments.

Investasi di aset kripto belakangan sedang digandrungi banyak kalangan di dunia. Harganya yang terus melonjak membuat minat investor terus meningkat. Efek berharga berupa cryptocurrency dengan berjamin aset , hanya bisa diakses oleh para peselancar dunia maya dan untuk menambangnya diperlukan biaya yang tidak sedikit serta kebutuhan durasi dan bea on-line yang tidak sedikit pula. Keterbatasan akses ini menjadikan aset crypto menjadi paling diminati, lengkap dengan potensi keuntungan yang besar di masa mendatang.

“Teknologi kripto ini sebetulnya adalah bebas nilai. Kalau digunakan untuk melahirkan produk yang haram atau jasa yang haram, maka produknya haram. Pakar fikih yang juga menjabat sekretaris bidang perbankan syariah Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Ustaz Muhammad Maksum mengatakan, memang sampai saat ini belum ada fatwa khusus tentang bitcoin dari MUI. Namun demikian, dia menjelaskan, standing bitcoin di dalam Islam sangat penting. Menurut dia, status bitcoin perlu dijelaskan, sebagai mata uang atau sebagai komoditas. Alih-alih investasi Bitcoin Cs, Founder @syariahsaham ini lebih senang berinvestasi di saham syariah yang lebih stabil. Salah satu keunggulan investasi di saham syariah ketimbang saham konvensional, kata Amsi, adalah efek yang masuk saham syariah merupakan perusahaan yang memiliki utang berbasis bunga lebih kecil daripada asetnya.

Mubah sendiri artinya diberikan kemungkinan untuk memilih antara mengerjakan atau meninggalkan. Bagi yang mengakui keberadaan Bitcoin itu sebagai alat tukar ya silahkan, namun akan menjadi haram bilamana teman-teman menjadikan bitcoin ini sebagai alat investasi. Islam sendiri memandang uang hanya sebagai alat tukar , bukan sebagai barang dagangan yang diperjualbelikan seperti yang dianut kapitalisme. Berbeda pandang dengan MUI yang me-mubah-kan keberadaan Bitcoin jika dipakai menjadi alat tukar, pemerintah sendiri tidak mengakui Bitcoin sebagai alat tukar yang sah dan diakui di Indonesia. Bitcoin malah authorized secara hukum apabila dijadikan sebagai komoditas atau perdagangan yang justru bertentangan dengan pandangan Islam.

Padahal, sejatinya ini adalah dalih pengelabuhan untuk menghindari terbukanya kedok, bahwa apa yang dibisniskannya merupakan sesuatu yang sifatnya tak ada nilai . Jalur bisnisnya pun mengadopsi jalur MMM, namun gaya baru, yaitu MMM digital. Uniknya, meski mengaku tidak butuh mencari anggota, mereka justru menawarkan dengan gencar referensi dan sponsor. Sebuah tindakan yang saling bertabrakan antara pengakuan dan praktik. Tidak ada bentuk trading crypto saat ini maupun nanti yang tidak haram. Karena selalu ada unsur spekulasi-nya dan harapan untung dari selisih harga di tempo yg akan datang.

Semua investasi aset apapun harus dilakukan dengan bijaksana, memahami risiko yang ada dan tanpa ada unsur paksaan. Kaena itu Ellen pun menyarankan untuk para investor atau calon investor saham untuk memiliki risiko manajemen yang baik. Jadi untuk tahun ini ada baiknya membagi portofolio saham dengan bijak, misalnya dengan 80% untuk investasi atau menabung saham, dan 20% untuk trading jangka pendek. Selain itu, sebuah laporan baru dari JPMorgan mengatakan bahwa, berdasarkan kontrak berjangka, investor institusional tampaknya mulai bergerak menjauh dari bitcoin dan kembali ke emas. Bitcoin sering disebut-sebut sebagai pengganti potensial untuk logam tradisional sebagai pilihan investasi. Risiko besar yang bisa didapat dari mata uang virtual ini adalah penyalahgunaan untuk tindak kejahatan seperti pencucian uang hingga pendanaan terorisme.

Apakah Crypto halal?

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, cryptocurrency bersifat desentralisasi. Kata cryptocurrency berasal dari dua kata, cryptography yang berarti kode rahasia dan foreign money yang berarti mata uang. Salah satunya Duwi A , seorang pengemudi ojek on-line yang untung Rp 40 juta dalam semalam dari membeli koin LGold.

Kendati demikian, perusahaan-perusahaan tersebut menerapkan beberapa pengecualian yang tidak sejalan dengan aturan perusahaan. Proses transaksi tidak mengandung informasi pribadi seperti nama atau nomor kartu kredit, serta menghilangkan risiko informasi konsumen dicuri untuk kepentingan curang atau pencurian identitas. Nilai Bitcoin yang fluktuatif membuat calon investor tidak boleh langsung menaruh semua uang dan investasi yang dimiliki. Risiko terburuk bila cara investasi Bitcoin buru-buru adalah saat harganya jatuh, maka hilang pula semua uang yang sudah diinvestasikan. Namun dengan menggunakan airdrops, ketentuan tersebut tidak harus dipenuhi. Cryptocurrency bisa ditukarkan menjadi uang rupiah melalui berbagai situs exchanger di internet.

Comments are closed.