Fikih Berinvestasi Keuntungan Bitcoin Ke Investasi Syariah

Written by Mono on June 26, 2020 in Kelemahan dan Kelebihan Crypto with no comments.

Mari menjadi bagian dari ikhtiar menjaga umat dari informasi sesat melalui gerakan “Literasi Umat”. Bank Indonesia dengan tegas melarang penggunaan Bitcoin dalam setiap transaksi di Indonesia. Salah satu faktor yaitu tingginya fluktuasi yang dimiliki Bitcoin. Jadilah investor yang cerdas dan merencanakan keuangan dengan matang agar tujuan hidup Anda dapat tercapai. “Jika jenisnya berbeda, disyaratkan harus taqabudh secara hakiki atau hukmi; ada uang, ada Bitcoin yang bisa diserahterimakan,” jelas Beliau. Pada 28 Desember 2017, lembaga Fatwa Darul Ifta Al-Azhar Mesir merilis lebih dulu kajian tentang Bitcoin.

Pembobolan ini yang tujuannya mengambil aset digital, dilakukan tidak hanya oleh orang luar tetapi juga orang dalam. Daftar Kejadian Cryptocurrency HacksDan pembobolan tersebut tidak hanya terjadi di trade kecil, tetapi change besar. Exchange yang sudah punya nilai transaksi jutaan dollar setiap harinya pun bisa kena serangan hacker dan mengalami kerugian yang tidak kecil. Mekanisme peer to peer membuat proses kontrol di blockchain sangat strong. Selain penarikan rupiah, user bisa juga menarik coin crypto yang dimiliki di change. Tinggal memasukkan alamat wallet yang menjadi tujuan pengiriman coin.

KOMPAS.com – Pemerintah Arab Saudi telah merilis aturan baru yang berkenaan dengan cryptocurrency. Mata uang digital Bitcoin dinyatakan ilegal digunakan di Arab Saudi dalam transaksi apapun. “Ketika pasar Bitcoin menciptakan harga tertinggi baru, harga sering diperdagangkan pada kisaran tertentu dan kemudian terjadi aksi ambil untung,” kata James Butterfill dari manajer aset digital CoinShares. Dan ini sangat bertentangan dengan karakter mata uang, yang dia dia digunakan untuk acuan harga.

Kemudahan tersebut membuat perdagangan bitcoin dapat dilakukan beberapa kali hingga dapat ditukarkan dengan mata uang legal di suatu negara. Bitcoin hukumnya adalah mubah sebagai alat tukar bagi yang berkenan untuk menggunakannya dan mengakuinya. Namun Bitcoin sebagai investasi hukumnya adalah haram karena hanya alat sepekulasi bukan untuk investasi, hanya alat permainan untung rugi buka bisnis yang menghasilkan.

Anda dapat bernafas lega karena sekarang ini banyak instrumen keuangan yang mengedepankan syariah dalam pengelolaannya. Sehingga dalam hukum jual beli atau muamalah diperbolehkan asalkan tidak bertentangan dengan syariah. Begitu pula dengan investasi reksa danasyariah, telah banyak bermunculan dan terikat dengan dua akad, yaitu wakalah dan mudharabah. Menjawab keraguan tersebut, DSN MUI telah mengeluarkan fatwa No. 20/DSN-MUI/IV/2001 yang membolehkan kaum muslim untuk berinvestasi reksa dana, namun dalam bentuk reksa dana syariah. Dalih yang lain adalah mengumumkan diri sebagai entitas pengembang mata uang digital secara private dan tertutup pihak pihak anggotanya.

Itulah sebabnya, para ulama dari kalangan Madzhab Hanafi mengistilahkan kegiatan investasi ini sebagai istitsmary, yaitu semua bentuk praktik kegiatan pengembangan harta. Artinya, “Ulama kontemporer berbeda pendapat dalam hukum uang elektronik. Menurut Syekh Salim Samiir dan Habib Abdullah bin Smith, uang elektronik adalah serupa dengan duyun (hutang-piutang), dengan mencermati isi kandungannya berupa nuqud yang bisa digunakan untuk muamalah.

Apakah Crypto halal?

Kebanyakan orang sangat menyadari, mata uang digital dihasilkan melalui proses yang disebut “Pertambangan”, yang membutuhkan daya komputasi dalam bentuk proof-of-work. Hal ini sama persis seperti apa yang dijelaskan berdasarkan hukum Islam tentang nilai intrinsik Bitcoin, karena nilainya sebanding dengan kesulitan yang dibutuhkan dalam proses penambangan. Penyebaran Bitcoin dimulai pada tahun 2009 yang diperkenalkan dengan oleh nama samaran Satoshi Nakamoto sebagai mata uang digital yang berbasiskan cryptography. Penggunaan lainnya untuk menunjang kehidupan masyarakat dalam jual beli mata uang digital disebut cryptocurrency.

Mata uang kripto sendiri memang memiliki banyak keuntungan salah satunya tidak memiliki batas, batas wilayah ataupun batasan berupa kebijakan atau aturan perbankan dan negara. Sebab, transaksi mata uang kripto bisa dilakukan lintas negara tanpa ada aturan terkait. Dengan demikian, mata uang digital khususnya Bitcoin telah menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi, telah membuatnya lebih mudah untuk melakukan transaksi secara aman melalui internet. Namun, disisi lain dapat dieksploitasi untuk memfasilitasi kejahatan dunia maya dan membantu para pelaku kejahatan lebih aman mencuci hasil kejahatannya. Bitcoin adalah contoh mata uang kripto yang telah dieksploitasi karena anonimitas, keamanan, irreversibilitas, dan desentralisasi.

Hukum yang sama juga berlaku untuk melarang emas, perak, dolar AS, dan Euro sebagai alat tukar yang sah di Indonesia. KH Cholil mengatakan hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah bagi mereka yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya. Diketahui, Bitcoin baru saja diborong oleh Tesla, perusahaan milik Elon Musk yang membeli aset kripto itu senilai Rp21 triliun. Artinya, bitcoin tidak untuk spekulasi, apabila transaksi dilakukan pada mata uang sejenis nilainya harus sama dan tunai . Ketua MUI Pusat bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengatakan, bitcoin sebagai alat investasi hukumnya haram.

Comments are closed.