Crypto Currensi Dan Pandangan Legalitas Menurut Islam

Written by Mono on June 25, 2020 in Kelemahan dan Kelebihan Crypto with no comments.

Mari kita lihat beberapa informasi relevan mengenai risiko dan keuntungan bitcoin, khususnya tersangkut dengan perspektif Islam. Berdasar information dari PT Bitcoin Indonesia, perkembangancryptocurrency di Indonesia semakin menunjukkan peningkatan. Salah satu indikatornya, jumlah pengguna bitcoin di PT Bitcoin Indonesia telah mencapai kurang lebih 290 ribu, dan 50 persen di antara mereka merupakan pengguna aktif per harinya. “Jika Muslim, yang merupakan seperempat dari populasi dunia, memiliki 1% bitcoin atau sekitar 1,04 miliar maka (zakat 2,5%) ada sekitar 26 juta pound sterling untuk dizakatkan,” katanya. “Nabung saham ketika market lagi jatuh, kalau ingin masuk beli di Februari untuk long term atau masuk di bulan Maret.

Menurut Alfred sah-sah saja jika masyarakat ingin berinvestasi di Bitcoin asalkan mengerti seluruh konsekuensinya, dan jangan berharap ada imbal hasil yang tetap di produk-produk mata uang digital. Yarar mengatakan bahwa Dolar AS bukan hanya mata uang biasa tetapi juga alat untuk menghukum. Namun, pendapat ini disanggah oleh studi Technology Cryptocurrency Bitcoin untuk investasi dan transaksi bisnis.

Terlebih, kata dia, Bitcoin tidak memiliki hedging, atau strategi perdagangan valuta untuk “membatasi” atau “melindungi” dana dealer dari naik turunnya nilai tukar mata uang yang tidak menguntungkan. Jakarta – Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia Cholil Nafis secara pribadi menanggapi soal hukum halal dan haram Bitcoin yang menjadi alat tukar daring dan sebagai sarana investasi masyarakat. Selain itu, mata uang yang halal seharusnya bersifat deflasi secara alami, yang mengarah ke fluktuasi nilai. Nilai Bitcoin sudah naik selama tujuh tahun terakhir, meskipun ada beberapa penurunan harga yang terjadi sampai saat ini. Emas itu juga halal, karena ada batas pasokan yang tersedia dan harganya pun stabil. Sekarang kita bisa menilai secara cerdas bahwa Bitcoin itu halal berdasarkan hukum Islam jika dibandingkan dengan mata uang kertas yang sudah beredar.

Apakah Crypto halal?

Sementara mutamawwal ialah yang mempunyai dampak manfaat dan dapat memalingkan harga ketika harga naik. Dengan demikian, bitcoin dapat dijadikan sebagai alat transaksi yang sah dengan proses istibdâl . Alih-alih sebagai mata uang, cryptocurrency justru saat ini lebih diterima secara luas sebagai komoditas. Layaknya komoditas berharga, seperti emas dan perak, nilai dari cryptocurrency ditentukan oleh tingkat ketertarikan masyarakat terhadap komoditas tersebut. Meninjau bahwa transaksi bitcoin cepat dan tidak dapat dikembalikan, pengguna bitcoin tidak dapat mengembalikan ataupun meminta uang yang telah dikirim. Ini adalah efek samping yang tidak menguntungkan dari mata uang tersebut.

Sementara tidak ada batasan rasio utang terhadap aset pada saham konvensional. Tetapi ketika standing bitcoin belum jelas, maka menurut ustadz Maksum perlu dilihat dari aspek-aspek yang berkaitan dengan jual beli secara umum. Di antaranya memastikan apakah ada gharar dan ighra’ atau keadaan di mana seseorang tergantung sekali untuk berlebih-lebihan mendapatkan bonus. Menurutnya apabila terdapat hal-hal yang memunculkan suatu tindakan yang merugikan orang lain maka pada dasarnya kegiatan investasi atau pun jual beli tersebut tidak dibenarkan dalam agama Islam.

Tingkat kebaruan yang cukup rumit, membuat para ulama sebagian besar tidak tergesa-gesa memberi hukum, termasuk Muhammadiyah. Informasi yang berkualitas pun bercampur dengan informasi palsu tanpa mutu. Republika.id bergiat untuk terus memandu umat pada sumber literasi yang kredibel.

Belum lagi, angka fluktuasi mata uang kripto yang dapat berubah secara tajam dalam waktu singkat. Pada period ini pengaruh globalisasi sangat kuat, terlebih lagi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan komunikasi mengalami perkembangan yang pesat. Dunia sedang bergerak ke arah baru dan menuntut untuk diikuti perkembangannya tidak terkecuali dengan Indonesia. Perkembangan yang pesat ini pun turut merubah pola pikir masyarakat dalam berbagai bidang tidak terkecuali dalam bidang ekonomi. Dalam perjalanan Bitcoin sendiri mengalami berbagai polemik dalam penggunaannya di dunia bahkan di Indonesia sendiri, karena di Indonesia sendiri Bitcoin belum diakui eksistensinya dan belum ada regulasi jelasnya. Bahkan dalam islam pun para ulama seputar Bitcoin ini masih menjadi perdebatan apakah Bitcoin ini dikatakan halal atau haram apabila di kaji dalam Al-Quran, hadits, ijma maupun sumber islami lainnya.

Ya karena jika itu dilakukan, ia akan banyak membunuh unta untuk dijadikannya uang. Sebagai Super Financial App, KoinWorks menyediakan layanan interfacing sebagai penghubung pihak yang ingin melakukan kegiatan finansial, baik dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi atau produk finansial lainnya. Melalui blog ini kami ingin memberikan tips jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu. Di pasar modal, harta ini umumnya ada dalam bentuk saham, indeks, obligasi, cek, giro dan sejenisnya. Alhasil, asal mula investasi dalam bentuk buying and selling cryptocurrency adalah boleh. Larangan buying and selling terjadi manakala terdapat praktik yang dilarang oleh syariat, yaitu adanya unsur spekulatif, judi, kecurangan dan riba, sehingga dapat berakibat ruginya salah satu pihak.

Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi. Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin kita akan memotong biaya sekitar 500 – three,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah uang yang dikirimkan. Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang kita mau. Pengiriman uang dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi web.

Sementara, Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Fahmi Salim menyatakan bahwa di dunia Islam belum ada fatwa khusus yang dapat dijadikan pedoman untuk bersama-sama menyepakati hukum uang kripto. Dengan demikian, berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut di atas, hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah bagi mereka yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya. Namun hukum Bitcoin sebagai investasi menjadi haram karena nyatanya Bitcoin diperlakukan sebagai alat spekulasi, bukan untuk investasi, atau dengan kata lain, hanya menjadi alat permainan untung-rugi, bukan suatu bisnis yang menghasilkan.

Comments are closed.