Blockchain

Written by Mono on June 27, 2020 in Kelemahan dan Kelebihan Crypto with no comments.

Alamat ini digunakan untuk mengirimkan atau menerima aset kripto. Yang perlu diperhatikan adalah, berbeda dengan deposit yang bisanya tanpa biaya, penarikkan rupiah atau coin crypto akan dikenakan biaya. Dan ada ketentuan minimal dan maksimum penarikan dalam sehari untuk rupiah dan coin crypto.

Apakah Crypto halal?

Sebagian ulama mengatakan, Bitcoin sama dengan uang karena menjadi alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum, standar nilai dan alat saving. Namun ulama lain menolaknya sebagai pengakuan masyarakat umum karena masih banyak negara yang menolaknya. Harga bitcoin di Coin Metrics merosot lebih dari 8,5 persen karena berita tersebut. Tekanan terhadap bitcoin menambah penurunan mata uang digital itu yang sudah turun lebih dari forty persen dari posisi puncaknya.

Di Indonesia, bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, pemerintah telah mengakui bahwa produk kripto itu sebagai komoditi berjangka. Menurut mereka, hukumnya pun sama dengan apa yang terjadi di Jerman. Bitcoin tetap authorized untuk diperjual belikan sebagai aset layaknya emas dan perak.

Mengenai kutipan tersebut, KH Cholil menyebut bahwa walau Umar bin Khattab mengurungkan rencananya, ada pelajaran yang bisa dipetik, yakni para sahabat mengakui kebolehan dalam memproduksi mata uang dengan bahan selain dari emas dan perak. Sayangnya, Majelis Ulama Indonesia menyatakan investasi di Bitcoin Cs haram. Alasannya, karena keberadaan Bitcoin tidak ada aset pendukung, harga tak bisa dikontrol dan belum ada jaminan sebagai alat investasi resmi. Komoditas bisa memiliki kualitas dan atribut “fisik” yang berbeda.

“Makanya, saya sangat setuju OJK menutup perusahaan investasi yang mana menawarkan keuntungan dalam sehari-dua hari naik berapa persen. Menurut Senior Research Consultant dari CSIRO Alicia Cameron dikutip dari The Conversation, pemberitaan media yang positif menjadi salah satu pendorong pergerakan harga Bitcoin. Kalau ada penawaran imbal hasil tetap di Bitcoin, maka ini pelanggaran. Oleh karena itu, tidak heran apabila ada pihak-pihak yang menawarkan imbal hasil 1 persen per hari atau 360 persen per tahun dari investasi Bitcoin mengingat Bitcoin punya rekam jejak kenaikan signifikan sebelumnya. Dari dua kasus tadi ada pelajaran yang berharga bagi investor pemula.

Ditemukan unsur gharar yang dimana sesuai istilah fikih yang mengindikasikan adanya keraguan, pertaruhan , dan ketidakjelasan yang mengarah merugikan salah satu pihak. Lebih lanjut, Ustaz Maksum menjelaskan, dalam konsep Islam terdapat prinsip tafrikul halal anil haram. Menurut dia, kaidah ini dapat digunakan dalam memisahkan antara pendapatan-pendapatan yang halal dari pendapatan yang haram. Ketika status bitcoin belum jelas, Ustaz Maksum menyebut kita perlu melihat dari aspek-aspek yang berkaitan dengan jual beli secara umum. Di antaranya, memastikan adanya gharar dan ighra’ atau keadaan ketika seseorang sangat bergantung untuk berlebih-lebihan mendapatkan bonus.

Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima ataupeer-to-peer. Dengan argumen itu, ulama yang memperbolehkan tidak melihat perbedaan signifikan antara uang fiat resmi dengan cryptocurrency. Namun demikian, ulama yang memegang pendapat kedua ini tetap berpendapat bawah aturan dari pemerintah setempat yang harus menjadi acuan utama. Jadi kalau pemerintah setempat menetapkan penggunaan cryptocurrency itu terlarang, seperti di Indonesia, maka itulah status yang harus dipatuhi dijadikan pegangan. Setelah itu Al Azhar selang satu bulan, MUI menjelaskan Bitcoin memiliki dua hukum terpusah yakni mubah dan haram. Mubah dalam hal ini digunakan sebagai alat tukar bagi dua pihak yang saling menerima.

Baru-baru ini, penilaian Bitcoin telah meningkat lebih dari 763% hanya dalam satu tahun, dengan mudah melampaui keuntungan tradisional di pasar saham. Selain itu, transaksi menggunakan bitcoin tidak bisa dilakukan bagi seluruh pengguna KoinWorks. Oleh karena itu, kamu sudah tahu bahwa bitcoin tidak ada kaitannya sama sekali dengan KoinWorks meski memiliki nama dengan unsur ‘Koin’. Kini kamu sudah memahami beberapa hal tentang bitcoin mulai dari apa itu bitcoin, bagaimana cara kerjanya dan cara mendapatkannya, kaitan bitcoin dengan KoinWorks, hingga legalitas penggunaan bitcoin di Indonesia. Penggunaan bitcoin, kata Agus, juga dekat dengan kemungkinan tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

In this period the influence of globalization was very sturdy, particularly in the fields of science, expertise, information and communication which experienced fast development. The world is transferring in a model new course and calls for that its development be adopted by Indonesia. As a developing country, Indonesia must be able to prosper its folks and produce its individuals to a new course. This fast growth also helped change the mindset of the folks in various fields, including within the economic area.

Comments are closed.