Anak Indonesia, Asa Pasca Pandemi Yang Harus Diselamatkan

Written by Mono on March 11, 2021 in LIP with no comments.

Oleh karena itu melindungi anak-anak Indonesia dari berbagai dampak langsung dan tidak langsung dari pandemi covid-19. Hal yang pertama tentu saja memastikan bahwa berusaha semaksimal mungkin melindungi anak terpapar dari covid-19. Tingginya angka covid-19 harus jadi peringatan bagi pemerintah dan pihak terkait untuk memperkuat perlindungan bagi anak. Di tengah masyarakat yang mengalami kondisi krisis akibat pandemi, Anggota DPR justru mendapatkan fasilitas isolasi mandiri di resort Bola Online. Adapun fasilitas ini diberikan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI. Kebijakan ini lantas dinilai bisa merusak citra dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, khususnya wakil rakyat. Sementara terkait pengurangan tenaga kerja industri, knowledge dari Kementerian Perindustrian menunjukkan 5,5 juta tenaga kerja industri sudah dalam status tidak bekerja karena PHK ataupun dirumahkan tanpa mendapatkan gaji.

Indonesia sudah mengalami krisis saat pandemi ini

Jokowi menegaskan, bahwa kondisi krisis akibat pandemi Covid-19 tak membuat pemerintah RI menurunkan goal SDGs. Ketiga stimulus tersebut berkaitan dengan berkaitan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang usaha, bisnis, pajak dan sebagainya. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani telah berkoordinasi bersama sejumlah institusi seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan , Lembaga Penjamin Simpanan serta Komite Stabilitas Sistem Keuangan . Tingkat konsumsi melemah yang mempengaruhi beberapa indikator penopang ekonomi. Hal ini akan menimbulkan kelangkaan barang yang akhirnya akan memicu keresahan sosial. Pertama, belanja kesehatan akan menjadi prioritas pertama, termasuk pengadaan testing, obat-obatan, alat kesehatan, insentif tenaga kesehatan dan rumah sakit, serta memastikan ketersediaan vaksin.

Menurut dia, setidaknya butuh waktu hingga four tahun ekonomi bisa kembali pulih. Yang kedua, adalah penjualan ritel yang juga minus untuk bulan April dan Mei, sehingga itu yang menyebabkan potensi kita menghadapi kontraksi ekonomi, kalau tidak disebut resesi atau pertumbuhan minus, itu sangat besar,” tambahnya. “Cuma minusnya berapa, itu sangat tergantung dari bansos dari pemerintah, seberapa efektif, itu untuk menopang penurunan daya beli masyarakat. Pada 25 Agustus lalu, Sri Mulyani mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada triwulan ketiga berada di kisaran 0 persen hingga -2%. Adapun untuk keseluruhan tahun 2020, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan berada di kisaran -1,1 persen hingga zero,2 persen.

“Virus ini diketahui mudah menginfeksi, terlebih bagi mereka yang daya tahan tubuhnya lemah atau tidak memiliki kekebalan vaksin. Maka dari itu, kita harus percepat vaksinasi di tengah masyarakat,” kata Alumni Universitas Indonesia itu. “Melihat adanya virus Covid-19 varian Delta Plus yang sudah ditemukan pada dua provinsi di Indonesia ini, saya meminta pemerintah untuk lebih tanggap, dan masyarakat tetap ketat melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Puan. Hal ini terjadi karena bisnis dan usahanya terus berkembang serta meningkat seiring berjalannya waktu.

Pada 2020, kekerasan jenis ini tercatat melonjak 920% dibanding tahun sebelumnya. Kabar pembelian mobil dinas baru seharga Rp12 miliar untuk Presiden Jokowi itu pun mendapatkan kritikan, sebab dibeli pada saat Negara mengalami krisis Covid-19. Menurut Lucius, kebijakan itu sangat tidak mencerminkan roh lembaga parlemen yang seharusnya menampilkan wajah merakyat. Ia mengkritik bahwa sikap merakyat tidak hanya diperlukan dan dilakukan saat berkampanye politik, melainkan menjadi sama dengan rakyat dalam menghadapi situasi apapun, khususnya kesulitan seperti sekarang ini. Baru-baru ini, anggota DPR mendapatkan fasilitas khusus yakni penyediaan isolasi mandiri di resort. Hal ini tentunya mendapat perhatian dari publik, sebab muncul di tengah kondisi krisis imbas pandemi COVID-19.

Comments are closed.